Selasa, 27 Juli 2010

Mengatasi kesalahan "BOOTMGR is missing" pada Windows Vista


Pernahkah anda mengalami masalah ketika menyalakan komputer (booting) muncul pesan kesalahan "BOOTMGR is missing. Press Ctrl+Alt+Del to restart" pada OS Windows Vista?

Kesalahan tersebut boleh jadi disebabkan oleh anda sendiri yang dengan atau tanpa sengaja telah menghapus file-file "vital" pada sistem operasi Windows Vista. Atau file-file tersebut telah korup, atau telah dirusak oleh virus atau malware. Atau kesalahan yang terjadi ketika anda mencoba "mengakali" Windows Vista supaya terbaca
"genuine" dengan program CRACKER tertentu, yang justru menyebabkan Windows Vista tidak bisa diakses sama sekali.

Solusi yang paling mudah untuk persoalan di atas adalah dengan "Install Ulang / Reinstall"!!!


Tetapi pertanyaannya adalah, apakah solusi tersebut bisa menjamin bahwa kita tidak akan kehilangan data, atau konfigurasi sistem yang telah kita atur sedemikian rupa harus di-set kembali dari awal? Apakah program-program yang telah ada sebelumnya harus kita install ulang karena tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya? Dan mungkin masih banyak lagi kemungkinan buruk yang bisa saja timbul dengan cara pintas (istilah lazimnya di Makassar =
POTONG KOMPAS) tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini solusinya:

  • Masukkan DVD Windows Vista ke dalam DVD-ROM, lalu boot ulang komputer anda. Jika komputer tidak bisa melakukan boot dari DVD-ROM (biasanya komputer menggunakan tombol fungsi F12 untuk mengubah urutan boot-nya), ubahlah urutan boot-nya dengan menempatkan CD/DVD-ROM pada urutan teratas di dalam BIOS.
  • Pada jendela "Install Windows", sesuaikanlah pilihan bahasa, waktu & format mata uang, serta keyboard & metode input, lalu klik tombol "Next".
  •  Pada sudut kiri bawah dari layar berikut, klik pilihan "Repair your computer".
  •  Ketika muncul jendela "System Recovery Options", klik "Startup Repair" untuk mengatasi beberapa masalah booting pada Windows Vista, termasuk hilangnya BOOTMGR.
  •  Keluarkan DVD ketika proses recovery telah selesai. Boot ulang komputer anda untuk memastikan bahwa apakah masalah "BOOTMGR is missing" telah teratasi.
Jika masalahnya tetap sama, cobalah pilihan kedua, yaitu "System Restore" untuk mengembalikan BOOTMGR yang telah disimpan oleh sistem operasi Windows Vista. Tetapi hal tersebut hanya berlaku jika restore point telah dibuat sebelum hilangnya BOOTMGR.

0 komentar:

Posting Komentar